Penyebab Diabetes Melitus Tipe-1 Pada Anak yang Harus Diwaspadai
By Numanza Inc.

Hati-Hati, Penyebab Diabetes Melitus Pengaruhi Perilaku Hidup Sehat pada Anak

Diabetes adalah penyakit metabolik yang menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi. Penyakit ini ternyata tidak hanya bisa dialami oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Perilaku hidup bersih dan sehat sebagai tindak kesadaran terhadap kesehatan keluarga dan lingkungan sekitar menjadi penting, guna mencegah berbagai penyakit khususnya diabetes pada anak. Penyakit diabetes, juga tidak terkhusus untuk salah satu kelompok usia, sehingga memahami penyebab dari gejala yang muncul adalah hal penting yang tidak boleh dianggap sepele.

Menurut Federasi Diabetes Internasional (IDF), Diperkirakan lebih dari 1 juta anak dan remaja (di bawah usia 20 tahun) saat ini hidup dengan diabetes tipe 1 di seluruh dunia. Oleh karena itu, penting bagi Ayah Bunda tahu bagaimana cara deteksi dini diabetes melitus pada anak, agar pengobatan terhadap si kecil dapat dilakukan secepat mungkin dan terhindar dari komplikasi berbahaya.

Apa itu diabetes Tipe 1?

Diabetes tipe 1 adalah salah satu masalah kesehatan yang banyak mengancam masyarakat dan berpotensi menyebabkan kematian, jika tidak ditangani sedini mungkin. Penyakit diabetes dibagi menjadi dua jenis, yaitu tipe 1 dan tipe 2.

Diabetes tipe 1 merupakan jenis penyakit autoimun yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel beta pada organ penghasil insulin. Suatu kondisi medis dimana kadar gula dalam darah melebih batas normal sehingga menyebabkan tubuh tidak mampu menghasilkan insulin secara optimal.

Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2

Perbedaan dua jenis tipe penyakit diabetes tersebut sangat signifikan, dilihat dari aspek sebagai berikut:

1. Penyebab

Diabetes tipe 1 disebabkan oleh kurangnya hormon insulin dalam tubuh. Sedangkan, diabetes tipe 2 dikarenakan pada awalnya sel tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan optimal.

2. Faktor Risiko

Pada diabetes tipe 1 terjadi karena kondisi autoimun. Sedangkan, diabetes tipe 2 seringkali dipicu oleh berat badan dan gaya hidup tidak sehat.

3. Gejala

Gejala yang ditimbulkan oleh diabetes tipe 1 lebih mudah di deteksi daripada diabetes tipe 2.

4. Penderita

Penyakit diabetes tipe 1 bisa terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Sedangkan diabetes tipe 2 lebih banyak ditemukan pada orang berusia di atas 30 tahun.

Deteksi Dini Diabetes Melitus pada Anak

Gejala diabates tipe 1 pada anak sering kali muncul secara tiba-tiba dan berkembang dengan cepat. Namun, pada beberapa kasus, diabetes juga bisa saja tidak menimbulkan gejala atau keluhan sama sekali.

Secara umum, gejala diabetes tipe 1 dan 2 pada anak sulit dibedakan karena kemiripan satu sama lain. Ada beberapa gejala yang bisa diperhatikan untuk melakukan deteksi dini diabetes melitus pada anak, yaitu:

    1. Anak sering buang air kecil.

    2. Anak merasa haus yang berlebihan.

    3. Nafsu anak meningkat.

    4. Berat badan anak menurun tanpa sebab.

    5. Anak tidak bersemangat dan perilaku berubah.

    6. Jika tedapat luka, sulit untuk sembuh.

    7. Warna kulit anak menghitam.

Setelah mengetahui gejala diabates pada anak, orang tua juga perlu mengetahui riwayat kesehatan kalian berdua selaku orang tuanya. Pasalnya, hal ini juga merupakan salah satu yang menjadi penyebab diabetes pada anak. Jika orang tua menderita diabetes, maka anak pun lebih berisiko mengalami hal serupa.

Mari ajak anak untuk rutin menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan menjaga pola makan, memenuhi kebutuhan tidurnya, dan mengajak mereka untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga ringan. Selain melakukan aktivitas fisik, bunda juga harus perhatikan 5 nutrisi penting untuk kekebalan tubuh anak.

Penyebab dan Faktor Risiko Diabetes Melitus pada Anak

Biasanya, penyebab diabetes melitus pada anak adalah karena faktor keturunan (riwayat) ataupun adanya gangguan fungsi pankreas. Diabetes melitus adalah penyakit autoimun kronis yang disebabkan oleh gangguan pengaturan gula darah. Pola makan yang buruk pada anak, juga dapat meningkatkan faktor risiko anak terkena penyakit diabetes. bunda perlu memahami apa saja makanan yang harus diberikan pada anak dengan diabetes.

Sama seperti anak-anak sehat lainnya, anak yang memiliki diabates juga masih tetap membutuhkan banyak nutrisi dari menu makanan bervariasi. Anak banyak membutuhkan buah-buahan, sayuran, makanan yang tinggi nutrisi, rendah lemak, serta kalori dalam batas wajar.

Meskipun penyebab utama diabetes tipe 1 masih belum diketahui secara pasti, namun sejumlah pasien anak yang menderita penyakit diabetes tipe 1 ini muncul akibat melemahnya sistem kekebalan tubuh ataupun autoimun. Hal ini membuat bakteri atau virus bahkan sel kekebalan tubuh menyerang sel yang memproduksi insulin di pankreas.

Penanganan Diabetes Melitus Tipe 1

Apabila anak menunjukkan ciri-ciri diabetes seperti yang telah dijelaskan di atas, sebaiknya segera periksakan ia ke dokter anak agar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, termasuk pemeriksaan kadar gula dalam darah. Karena penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan total, dokter biasanya akan menangani diabetes melitus tipe 1 dengan tujuan agar kadar gula darahnya tetap stabil serta gejala yang ditimbulkan tidak parah.

Apabila bunda mengalami masalah dengan diabetes melitus tipe 1 pada anak, segera konsultasikan ke dokter spesialis anak terpercaya.

Kementerian Kesehatan RI.2023.Mengenal Diabetes Pada Anak

National Library of Medicine.2023.Type 1 Diabetes in Children

Siloam Hospital Artikel.2024.Diabetes Tipe 1 - Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya.

.